Selasa, Oktober 04, 2011

Gigi yang Goyang

 Bacaan: Amsal 25:19

Apakah gigi Anda sering terasa ngilu, goyang, atau mudah tanggal? Jangan-jangan gusi Anda sedang bermasalah akibat kebiasaan menyikat gigi yang kurang teratur dan tidak benar. Sebuah artikel tentang kesehatan gigi menyebutkan bahwa menyikat gigi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit gusi yang bisa membuat gigi mudah goyang dan tanggal. Penelitian medis bahkan mulai mengaitkan penyakit gusi dengan kemungkinan terkena stroke. Sebaiknya Anda menyikat gigi dua kali sehari dan lakukanlah setelah Anda makan.

Perihal gigi yang goyang pernah juga disebutkan di dalam Alkitab, berkaitan dengan kepercayaan dan pengkhianatan. Alkitab Terjemahan BIS menyamakan tindakan mempercayai pengkhianat pada masa kesusahan seperti mengunyah dengan gigi yang goyang. Sementara Alkitab versi LAI menyebutkan “gigi yang goyang” dengan frasa “gigi yang rapuh”. Firman ini hendak mengajar kita mengenai respons terbaik yang bisa ambil ketika sedang mengalami kesusahan. Sedapat mungkin, jangan percaya, meminta, atau mengharapkan pertolongan pada orang yang pernah mengkhianati Anda, sebab hal itu bisa membahayakan diri Anda. Bisa-bisa, Anda bukan hanya tidak mendapatkan pertolongan, tetapi hal itu membuka kemungkinan untuk Anda kembali dikhianati.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan ketika mengalami kesesakan atau kesusahan? Pertama, datanglah kepada Allah sebagai Sumber harapan dan pertolongan sejati. Kedua, mintalah dukungan atau pertolongan kepada saudara-saudara seiman yang Anda yakini dapat memberi solusi atau setidaknya mendoakan supaya keadaan Anda dipulihkan. Ingatlah dua hal ini dengan baik dan jangan lupa untuk menyikat gigi secara teratur demi kesehatan gigi dan tubuh Anda.



Tidak ada komentar: